Artikel

Upaya Indonesia Meningkatkan Skor PISA Lewat Merdeka Belajar

Merdeka Belajar yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, pada akhir tahun lalu cukup membawa harapan ke arah perubahan yang lebih baik Pendidikan Indonesia di masa depan. Beberapa komentar positif juga bertebaran di lini masa media sosial dari kalangan guru dan tenaga pendidik lainnya.

Mendikbud kemudian menyampaikan bahwa program Merdeka Belajar dirancang dengan mengakomodir berbagai aspek, salah satunya mengacu pada praktik standar rujukan kualitas pendidikan internasional, seperti PISA dan TIMSS.

PISA

Survei Program for International Student Assessment (PISA) merupakan survey rutin yang menjadi rujukan sebagai evaluasi kualitas pendidikan di dunia. Survei ini diselenggarakan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), organisasi yang berfokus pada kerja sama dan pembangunan ekonomi.  PISA dilakukan setiap tiga tahun sekali.

Indonesia menjadi partisipan PISA sejak tahun 2000. Pada saat itu, Indonesia secara sukarela memberikan ruang kepada PISA untuk senantiasa mengevaluasi hasil capaian siswa agar dapat menjadi refleksi kebijakan pendidikan di era globalisasi. Hasil asesmen PISA di Indonesia dan negara-negara lain tidak lepas dari pemberitaan media. Pemerintah Indonesia selalu mendapat tekanan publik karena dianggap belum berhasil dalam menyelenggarakan sistem pendidikan nasional.

Pada tahun tersebut, Indonesia menempati peringkat ke-39 dari 41 negara. Sampai penyelenggaraan terbaru di tahun 2018, Indonesia konsisten berada di urutan 10 paling besar dari bawah, yakni peringkat ke-72 dari 78 peserta.

Hadirnya PISA di Indonesia diasumsikan akan berdampak pada pergaulan Indonesia di mata dunia. Kerja sama Indonesia dengan negara-negara OECD dalam rangka memperbaiki kualitas Pendidikan juga terus diupayakan.

Kinerja PISA

PISA menawarkan wawasan untuk kebijakan dan praktik Pendidikan dengan cara membantu memantau tren dalam perolehan pengetahuan dan keterampilan siswa di seluruh negara dan berbagai subkelompok demografis di masing-masing negara. PISA memberikan gambaran hasil capaian siswa melalui sistem pendidikan yang berlangsung.

Survey yang dilakukan oleh PISA mematok tiga indikator sebagai penilaian utama, yakni kemampuan matematika, kemampuan sains, dan kemampuan literasi. Remaja berusia 15 tahun dari perwakilan berbagai negara akan dites dalam survey tersebut. PISA sendiri menentukan skor standar internasional untuk menilai ketiga kemampuan di atas, yaitu 500.

Kemampuan Literasi Rendah

Kemampuan literasi merupakan indikator bagaimana siswa memahami dan merenungkan teks untuk mengemukakan ide dan  gagasan baru, bukan sekadar memahami  apa yang dibaca.

Dalam hasil PISA tahun 2018 lalu, rata-rata kemampuan baca negara-negara OECD berada di angka 487, skor Indonesia sendiri berada di skor 371. Peringkat pertama diraih China (skor 555), kemudian diikuti Singapura (549) dan Makau (525).

Kemampuan Matematika dan Sains Juga Rendah

Sedangkan kemampuan matematika adalah kemampuan siswa untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika untuk berbagai konteks. Sedangkan kemampuan sains merupakan kemampuan mengaitkan pengetahuan sains dengan isu yang relevan dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua kemampuan ini juga mencatat skor rendah pada tahun 2018, yakni 379 untuk kemampuan matematika dan 396 untuk kemampuan sains. Bandingkan dengan China yang memiliki skor matematika di angka 591 dan 590 untuk kemampuan sainsnya.

Solusi

Totok Suprayitno (Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud) menjelaskan bahwa hasil PISA Tahun 2018 bisa menjadi peringatan karena beberapa tahun terakhir keikutsertaan PISA, nilai kemampuan pendidikan Indonesia mengalami penurunan.

Salah satu cara meningkatkan kualitas pendidikan agar menghasilkan generasi yang siap dalam pasar internasional adalah dengan mengubah kurikulum. Tujuannya adalah agar Indonesia mampu mengejar ketertinggalan yang salah satunya dibuktikan melalui asesmen PISA.

Kurikulum 2013 kemudian dikembangkan berdasarkan tantangan eksternal yang secara global terkait dengan pergeseran ekonomi dunia, pengaruh dan imbas teknosains serta mutu, investasi, dan transformasi bidang pendidikan. Selain PISA, Indonesia juga mengadopsi metode Pendidikan International Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Dasar pengukuran TIMSS adalah matematika dan sains yang terdiri dari dua domain, yakni domain isi dan kognitif. Domain isi matematika terdiri dari bilangan, aljabar, geometri, data dan peluang. Sedangkan domain isi sains terdiri atas biologi, kimia, fisika dan ilmu bumi. Untuk domain kognitif, yakni pengetahuan, penerapan dan penalaran.

Upaya yang terbaru pemerintah Indonesia dalam menjawab solusi mutu pendidikan adalah mencanangkan program Merdeka Belajar yang digulirkan Menteri Pendidikan dan Kebudayan, Nadiem Makarim. Harapannya, semakin banyak siswa-siswi yang memiliki kemampuan dan keterampilan, terutama yang berkaitan dengan kemampuan nalar peserta didik dalam bidang literasi dasar, yaitu membaca, matematika, dan sains. Tiga materi yang dianggap cukup mewakili kebutuhan pasar tenaga kerja global.

 

Sumber:

Kompasiana

Liputan6

Detik.com

Kompas Online

Kumparan

Detik News

 

Redaksi

Recent Posts

Inilah Cara Merapikan Alur Cerita Novel Yang Belum Banyak Diketahui Penulis (Bagian 2)

Pada artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan beberapa poin penting yang bisa dilakukan oleh seorang penulis…

3 tahun ago

Langkah-Langkah Penting Dalam Menciptakan Karakterisasi Tokoh Dalam Cerita

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam menulis sebuah cerita, menentukan karakteristik novel merupakan satu hal utama…

3 tahun ago

Inilah Cara Merapikan Alur Cerita Novel Yang Belum Banyak Diketahui Penulis (Bag 1)

Beberapa diantara kamu mungkin adalah penulis pemula yang merasa cukup kesulitan dalam menerbitkan karya. Mungkin…

3 tahun ago

Cara Membuat Konflik (Bagian 2)

Pada artikel kali ini, saya akan melanjutkan pembahasan mengenai cara menentukan konflik dalam sebuah cerita.…

3 tahun ago

Cara Membuat Konflik Yang Baik Dalam Cerita (Bagian 1)

Konflik adalah sebuah permasalahan, yang ingin dihadirkan oleh seorang penulis untuk ceritanya. Konflik menjadi satu…

3 tahun ago

5 Hal Sederhana Sebagai Tips Masuk ke PTN

Bagi para siswa yang kini tengah duduk di bangku kelas 12, tentunya sedang pusing memikirkan…

3 tahun ago